21:39
0
Kami mengunjungi dokter keluarga yang dulu kami pilih berdasarkan kedekatan dengan lokasi rumah kami. Kami harus menyiapkan Kartu Askes/BPJS, fotokopi KK, fotokopi akte kelahiran anak, surat rujukan dari dokter keluarga kemudian esoknya kami ke polymata Rumah Sakit Budi Rahayu Pekalongan. Dari RSU Budi Rahayu dirujuk ke RSU Kraton Pekalongan, karena kelas lebih tinggi dibanding RSU Budi Rahayu.Baru dari RSU Kraton Pekalongan dirujuk ke RSUP dr. Kariadi Semarang. Sebelum ke RSUP dr. Kariadi, kami membawa fotokopi Surat Rujukan, fotokopi KK, fotokopi akte kelahiran dan Kartu Askes/BPJS asli atas nama pasien.
Seperti kita telah ketahui bersama bahwa RSUP dr.Kariadi Semarang merupakan rumah sakit rujukan se Provinsi Jawa Tengah, jadi kami berangkat pukul 05.00 am dari Batang dan tiba pukul 7.30 am. Kami menuju loket pendaftaran Klinik Mata RSUP dr.Kariadi dan mendapat nomor antrian 83. Jika anda agar dapat nomor antrian lebih awal dapat pesan via telepon. Pemesanan via telepon dibuka pukul 06.00 pagi hingga 14.30 siang.
Setelah kami dipanggil petugas loket pendaftaran, lalu menyerahkan berkas yang diminta. Mendapat kartu pasien karena baru pertama kali. Kartu ini bermanfaat untuk mempermudah pemeriksaan selanjutnya karena sudah di database.
Kemudian kami disuruh menunggu di Klinik mata lantai 2. Di ruang Klinik mata mulai pukul 9 pagi hingga 3 sore mengikuti prosudur pemeriksaan mata dari Kamar 1 ,2,11,4 dan ruang USG mata. Pukul sekitar 2 an sore kami mendapat formulir kuning dan form kertas putih yang berisi analisa pemeriksaan mata. Dokter memberitahu hasil pemeriksaan secara lisan dan tindakan apa saja yang perlu dilakukan. Menurut dokter mata kanan ada katarak dan saraf2 sudah lepas jikapun di coba tempelkan lagi kemungkinan akan lepas lagi.  Kami tetap minta mata kanan di operasi. Namun jawab dokter jika dioperasi pun tidak dapat memulihkan. Akhirnya kami minta dioperasi katarak-nya dulu.
Untuk operasi katarak, pasien diharuskan periksa di laboratorium. Darah diambil dan mata di cek apakah dapat dilakukan tindakan operasi.
Sekitar pukul 4 sore baru selesai semua. Untuk hasil lab baru dapat diketahui besok hari Kamis, 2 Februari 2017. Hasil lab menentukan kapan dapat dilakukan operasi katarak.