11:34
0





Akhir tahun 2015, saya memulai tugas di Kantor BKD (Badan Kepegawaian Daerah) yang sekarang bernama BKPPD. Di  kantor ini saya mengalami perubahan banyak. Saya mulai memikirkan karir sebagai PNS, karena teman-teman satu angkatan CPNS tahun 1997 yang mempunyai ijazah S-1 sudah mendapat jabatan minimal eselon 4. Saya tidak akan pernah meminta jabatan di Pemkot Pekalongan. Padahal jika saya diberi kepercayaan suatu jabatan yang memang sesuai minat,bakat dan passion maka akan bekerja maksimal.  Di BKPPD hubungan dengan teman-teman kerja relatif baik walaupun sempat konflik dengan  satu dua orang karena perbedaan pendapat dan ada ketidakcocokan. Saya sangat senang dapat berteman sekaligus atasan saya pada saat itu, yaitu Bapak Gunindyo selaku Kepala BKD, Slamet Budi selaku Kabid Diklat, Ibu Titik selaku Ka,TU dan dapat bertemu lagi dengan teman satu anggkatan CPNS Mbak Miji. Teman satu bidang yaitu:  Yayan, Pak Edi (pensiun), Casmuri, Tisya, Wahyu.Suasana kerja pada waktu itu relativ menyenangkan. Pada akhir tahun 2017 terjadi perpindahan personil. Pak Slamet Budi promosi menjadi Sekretaris Dinas Pertanian, dan Bu Titik menjadi Kabid Diklat. Personil bidang diklat mulai tahun 2018 ditambah Lusi Widyastuti yang sebelumnya di Tata Usaha sebagai Bendahara. Pada akhir tahun 2017 saya tertarik untuk melanjutkan S-2 setelah membaca brosur penawaran dari UNISBANK Semarang. Saya mengajukan ijin belajar dan Pak Budiyanto selaku Ka.BKPPD memberi ijin asal linear dengan job description. Akhirnya saya mengambil Magister Science MSDM (Manajemen Sumber Daya Manusia). Satu angkatan S-2 yang berasal dari Pemkot Pekalongan yaitu: Indri (PNS Dinas Kesehatan) kemudian Lusi (menyusul) setelah berjalan satu bulan. 

Di BKPPD saya diberi tugas untuk mengupdate SIMPEG, website, dan dokumentasi. Saya harus dapat membagi waktu antara sebagai PNS, businessman dan mahasiswa S-2. Setelah mengikuti kelas S-2 selama 6 bulan ternyata materi yang diajarkan sangat bermanfaat dapat diterapkan di BKPPD dan bisnis rental mobil.  

Saya semakin memahami tetang manajemen kepegawaian. BKPPD harus mengimplementasikan Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian yang berbasis web base

Bersambung.....