09:25
0
Setelah 20 tahun menjadi PNS saya mengalami kejenuhan bekerja hanya duduk di belakang meja menghadap komputer setiap harinya. Walaupun sebenarnya dari dulu sejak SMA sudah menyukai dunia teknologi informasi. Sejak diangkat menjadi PNS pun selalu berurusan dengan komputer dan mempunyai bisnis yang berkecimpung di dunia teknologi infomasi komputer.
Pertengahan tahun 2015 saya pindah ke instansi kepegawaian dulu bernama Badan Kepegawaian Daerah (BKD) sekarang Badan Kepegawaian Pendidikan Pelatihan Daerah (BKPPD). Bidang TIK sekarang yang saya geluti tinggal jaringan Komputer, internet dan aktif diberbagai media sosial, blog dan youtube. Karena pada waktu itu atasan tahu saya suka di bidang tersebut maka diberi tugas untuk merawat dan memuktahirkan situs kepegawaian Kota Pekalongan namun ternyata situs yang dibangun oleh tenaga kegiatan (outsourcing) Dinas Kominfo tidak sesuai harapan. Di dalam situs itu masih banyak ditemukan ketidaksempurnaan. Saya sudah melaporakan atas tetang perihal tersebut. Dinas Kominfo terus mengulur-ulur waktu hingga ta terasa hampir dua tahun lamanya. Pada tahun 2017 kepala kepegawain dan bidang sudah berganti, akhirnya diambil keputusan BKPPD akan membangun situs web sendiri.
Saya yang dulu sudah semangat mengurus situs web akhirnya sekarang musnah dengan sendirinya. Selain itu mulai tahun 2017 kedua mata saya sudah tidak kuat kalo didepan layar komputer terlalu lama atau lebih dari satu jam.
Saya mempunyai keinginan bekerja di instansi yang dapat memanfaatkan secara maksimal kemampuan Bahasa Inggris yang saya miliki. Mulai tahun 2014 saya mengikuti jejak bisnis kedua orang tua saya dibidang travel dan rental mobil. Saya juga mulai semakin banyak mendapat order rental mobil plus sopir dari wisatawan lokal dan asing. Banyak wisataawan yang meminta informasi tentang destinasi wisata di Pekalongan dan sekitarnya. Mulai sejak tahun 2014 saya mulai semakin menyukai dunia pariwisata. Di dunia pariwisata saya setiap hari dapat bertemu orang-orang baru dengan berbagai latar belakang. Saya juga dapat menggunakan kemampuan Bahasa Inggris (aktif) dan Bahasa Jepang (pasif). Saya mulai aktif menulis dan memposting berbagai destinasi wisata yang pernah saya kunjungi.
Oleh sebab itu saya mengajukan pindah di Dinas Pariwisata Kota Pekalongan dan gayung bersambut Kepala Diparta (Pak Tjuk) menyetujui dan kebetulan masih ada hubungan saudara. Tetapi sayang Kepala BKPPD (Pak Budiyanto) masih tetap mempertahankan saya untuk mengurusi situs web kepegawaian yang padahal belum ada yang baru masih peninggalan situs web yang dibangun Dinas Kominfo.
Jika seorang PNS ditempatkan sesuai bakat dan minatnya maka hasil kerjanya akan maksimal.