08:33
0

Pada bulan Oktober 2017, saya mendaftar kuliah pasca sarjana (S-2) di Unisbank. Mengikuti tes ujian masuk, lulus lalu bayar uang pendaftaran sebesar Rp 300.000,- (tiga ratus ribu rupiah).  Unisbank dalam brosur menawarkan paket pasca sarjana Magister Manajemen Rp 18.500.000,- dan Magister Science Rp 19.500.000,-  dan jika dibayar kontan akan mendapat diskon sebesar 10%.  Saya mengambil jurusan MSDM (Manajemen Sumber Daya Manusia) yang sebelumnya sudah konsultasi dengan kepegawaian. Mengambil jurusan yang linear sesuai dengan diskripsi pekerjaan yang ada di kantor BKPPD (Badan Kepegawaian Pendidikan Pelatihan Daerah). 
Unisbank juga menyediakan armada mikrobus Elf  layanan shutle dari dan ke Pekalongan / Batang-Unisbank, Bendan Duwur, Semarang. Mahasiswa yang akan menggunakan jasa ini harus membayar Rp 3.500.000,- selama 18 bulan dan hanya di hari Minggu. Kuliah yang dihari Jumat tidak dilayani shuttle. Saya sendiri lebih memilih kereta api karena lebih cepat dan tepat waktu. Setiap hari Minggu pukul 05.30 WIB sudah tiba di Stasiun Kereta Api Pekalongan. Keberangkatan kereta api "Kaligung" pukul 05.53 WIB harga tiket Rp 40.000,00 sekali perjalanan. Kereta api Kaligung  hanya berhenti sekali di Stasiun Kereta Api Weleri dalam perjalanan antara Pekalongan dan Stasiun Poncol Semarang. Tiba di Stasiun Kereta Api Poncol Semarang pukul 07.10 WIB. Armada penjemput dari UNISBANK yaitu: Toyota Hiace dan Medium Bus sudah menunggu kami di depan Stasiun Kereta Api Poncol Semarang. Setelah kami tiba di Stasiun Kereta Api Poncol Semarang, langsung menuju mesin cetak tiket. Kami memasukan kode booking untuk tiket Kereta Api Kamandaka jurusan Semarang-Purwokerto. Tarif tiket dari Semarang ke Pekalongan Rp 45.000,-.  Setelah mendapat tiket, kami bergegas menuju Medium Bus Unisbank yang parkir di depan Stasiun Poncol Semarang. Perjalanan menuju Kampus Unisbank yang terletak di Jalan Kendeng V No 1, Gajahmungkur, Bendan Duwur, Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50233 membutuhkan waktu sekitar 30 menit tergantung kondisi lalu lintas.
Setelah tiba di Kampus Unisbank Kendeng, kami biasanya ke kantin, sarapan. Di kantin kami bertemu teman-teman satu kelas dan dari kelas lainnya. Teman satu kelas MSI 21 A diantaranya: Lusiana, Intan,  Ayu, Fitri, Satriyo, Alim, Nona, Ari, Sugi, Lomo, Joni, Nur, Gema,.........Setelah sarapan selesai kami menuju kelas MSI 21 A. Di awal ketika martikulasi dosen datang tepat waktu tetapi setelah memasuki paket 1, sering terlambat. Kelas MSI 21 A awalnya berjumlah 25 mahasiwa kemudian berkurang satu. Setiap pertemuan hampir tidak pernah hadir semua karena berbagai alasan masing-masing mereka. Pukul 10.00 WIB break, telah disediakan teh dan kopi hangat oleh pihak kampus. Pukul 12.00 WIB sampai dengan 13.00 WIB istirahat atau dan sholat, makan siang di kantin. Pukul 15.00 WIB break, disediakan teh, kopi dan snack. Sebenarnya sesuai jadwal  pukul 17.00 WIB  kelas selesai, namun kami yang menggunakan kereta api pukul 16.30 WIB sudah harus meninggalkan kelas mengikuti jadwal Kereta Api Kamandaka 17.12 WIB.
Perjalanan dari Stasiun Kereta Api Poncol Semarang ke Stasiun Kereta Api Pekalongan membutuhkan waktu sekitar 1.20 menit atau tiba sekitar 18.15 WIB. Kereta api Kamandaka hanya berhenti selama 5 menit di Stasiun Kereta Api Pekalongan.




#Pekalongan #Unisbank #Semarang