20:40
0


Pada bulan Maret, 2021 Saya mengirim surat kepada kepegawaian Pemkot Yogyakarta tentang permohonan mutasi masuk. Pada bulan April 2021 Saya mendapat jawaban bahwa permohonan diterima dengan posisi sebagai Pengelola Administrasi (Grade/Klas 5-6). Selanjutnya saya melengkapi berkas softcopy, sebagai berikut ini:



- DP3 & SKP terakhir

- SK Kenaikan Pangkat terakhir

- Ijazah dan transkrip nilai S-1 dan S-2

- Surat Pernyataan Tidak Pernah Menerima Hukuman Dinas

- Surat Pernyataan Tidak Pernah Di Hukum Pidana

- Surat Pernyataan Tidak Dalam Ikatan Dinas

- Surat Izin Mengikuti Tes Komptensi

Softcopy dalam format PDF, saya kirim ke alamat email Kepegawaian Pemkot Yogyakarta.

Selain itu kita wajib mengisi tentang hal yang paling membanggakan dan mengecewakan selama bedinas di kantor kita. Kalo saya di DINSOSP2KB. Kebanggaan saya di OPD ini yaitu dapat menyelesaikan permasalah 2 PNS Penyuluh KB yang bermasalah dalam proses ahli mutasi sejak tahun 2016. Dan hal yang paling mengecewakan yaitu: Saya sudah diajukan promosi secara resmi untuk mengisi kekosongan jabatan di OPD saya tapi ternyata di isi oleh orang dari luar yang tinggkat pendidikannya tidak memenuhi syarat menimal sesuai peraturan ASN. Setelah mengisi lembar digital tersebut kita wajib membuat Daftar Riwayat Hidup yang formnya telah ditentukan oleh Kepegawaian Pemkot Yogykarta

Pada bulan Mei 2021, saya mendapat undangan tes kompetensi yang akan dilaksanakan pada tanggal 2 dan 3 Juni 2021.

Pada hari Selasa, 1 Juni 2021 yang berkendara sepeda motor dari Kota Pekalongan jam 1 an siang tiba di rumah Condong catur, Jogja sekitar jam 6 an petang.

Tes kompetensi di masa Pandemi Covid-19 maka wajib sesuai protokol kesehatan.

Sekitar pukul 7 an pagi tiba di Kantor UPT Tes Komptensi di Jalan Warungboto II No.601. Pukul 8 pagi tes psikologi dimulai. Dalam tes psikologi kita di uji misal mencocokan gambar, kemungkinan arah perubahan bentuk/gambar. Setelah itu kita di tes hitungan cepat dari bawah ke atas dan bergeser kekanan.

Setelah menyelesaikan tes tersebut, lalu saya masuk ruang wawancara/interview. Di ruangan ini kita diwawancarai oleh Asesor tentang yang saya tulis hal paling membanggakan dan mengecewakan dan asalan mutasi masuk ke Pemkot Yogyakarta. Sebelum menulis hal tersebut saya harus membuat akun di aplikasi Jogja Smart Service dengan menggunakan alamat email kita. Kita diwajibkan mendownload dari google app store pada smart phone milik kita. Setelah melakukan pendaftaran kita akan mendapat user login dan password. Setelah itu baru kita dapat mengerjakan soal-soal tersebut.

Sekitar pukul 12 siang saya sudah selesai dan langsung pulang kerumah orang tua di Condong catur, Sleman.

Pada hari Kamis, 3 Juni 2021 saya mengikuti test lewat aplikasi google doc. Dalam menjawab pertanyaan kita hanya memilih jawaba yang di anggap benar. Pertanyaannya tentang pengetahuan kepegawaian, umum, matematika sederhana,bahasa Indonesia dan praktek membuat undangan, tabel dan presentasi di Microsoft office. Waktu pengerjaan 3 jam.

Jam 11 siang giliran saya di interview didepan pejabat kepegawaian Pemkot Yogyakarta. Pertama saya memperkenalkan diri dan menceritakan pengalaman berkarir selama di Pemkot Pekalongan. 

Kemudian mereka menjelaskan bahwa setiap pns pindahan/mutasi baru maka dia diturunkan ke grade/klas yang lebih rendah 2 tingkat dan tunjangan perbaikan penghasilan (TPP) akan yang akan diterima hanya 50% selama 1 tahun. Untuk diketahui besaran TPP grade 5 sekitar Rp 2.700.000,- jadi yang diterima sebesar Rp 1.350.000,- selama 1 tahun. Kalo grade 7 sebesar Rp 3,7 juta dan grade 9 sebesar Rp 7 juta.

Kepala kepegawaian Pemkot Yogyakartamenjelaskan bahwa kemungkinan saya bisa dipromosikan minimal 3 tahun. Jadi beliau meminta kepada saya untuk mempertimbangkan kembali, apakah tetap ingin lanjut mutasi masuk atau tidak. Akhirnya saya menjawab "Saya pertimbangkan kembali"

Sekitar pukul 1 siang selesai, kemudian saya berpamitan kepada semua tim penguji dan teman-teman yang bersama-sama mengikuti test mutasi masuk tersebut 

Sekitar pukul 2 siang saya melakukan perjalan pulang ke Kota Pekalongan dan tiba sekitar pukul 8 malam.