20:39
0


Sudah genap 4 tahun  bertugas di sub bagian umum dan kepegawaian di Dinas Sosial Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DINSOP2KB). Sudah 3 x mengalami pergantian kepala dinas, sudah ada 8 rekan kerja yang pensiun, sudah ada rekan kerja 3 yang meninggal dunia dan menurut atasan saya, sudah selalu diusulkan jika akan ada promosi jabatan namun tidak ada satupun yang sukses.

Sampai suatu ketika BKPSDM Kota Pekalongan mengadakan assessment dibulan Maret 2022. Sebelum meneruskan cerita saya, mari kita baca dulu pengertian assesment oleh beberapa ahli, sebagai berikut ini:

Robert M Smith

Robert M Smith menyatakan bahwa assessment merupakan penilaian yang menyeluruh dan melibatkan beberapa anggota dari sebuah tim agar dapat mengetahui kelemahan dan kekuatan dari seseorang. Hasil dari assessment yang dilakukan kemudian akan menjadi dasar penyusunan suatu rancangan pembelajaran yang baru.

James A. McLounghlin & Rena B. Lewis

Sedangkan McLoughlin dan Lewis berpendapat bahwa assessment adalah proses pengumpulan data yang dilakukan secara sistematis untuk melihat kapabilitas dan kesulitan dari seseorang, serta mencari solusi mengenai apa yang sebenarnya ia butuhkan.

Terry Overton

Lalu, Terry Overton mengartikan assessment sebagai proses pengumpulan informasi untuk memantau kemajuan dan menggunakan metode-metode seperti wawancara, observasi, dan monitoring tingkah laku untuk melakukannya.

Ok, saya lanjutkan cerita pengalamannya. DinsosP2KB Kota Pekalongan mendapat 3 undangan mengikuti assesment. 2 undangan untuk assement calon administrator dan 1 undangan untuk calon pengawas. Untuk diketahui bersama bahwa assesment tersebut baru pertama kali di implementasikan di Pemkot Pekalongan dalam rangka meningkatkan nilai Sistem Merit. Sistim merit sudah diundangkan sejak tahun 2014 dan baru pada tahun 2022, salah satunya yaitu penerapan assesment bagi calon pengawas dan administrator.

Pengetian Sistem Merit berdasar Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (UU ASN), sistem merit didefinisikan sebagai kebijakan dan manajemen ASN yang berdasarkan pada kualifikasi, kompetensi, dan kinerja, yang diberlakukan secara adil dan wajar dengan tanpa diskriminasi.

Sebelum mengikuti assesment, kami diminta untuk mengunduh pertanyaan-pertanyaan tentang prestasi, hal yang menyenangkan dan tidak menyenangkan selama dalam bekerja. Setelah selesai menjawab kami upload.

Pada hari H-nya, saya dapat mengikuti assesment sampai selesai. Didalam assesment ada lembar soal simulasi (seolah-olah) menjabat sebagai kepala sub bagian merangkap Pelaksana Harian (PLH) kepala dinas. Didalam lembar soal tersebut berisi tentang masalah-masalah suatu kantor. Kebetulan yang dijadikan contoh suatu kantor perijinan di kota entah berantah. Misal ada masalah, kita harus men-diposisikan ke staf atau bagian sesuai SOP (Standart Operasional Procedure), SKP dan peta jabatan.

Setelah selesai sesi menjawab soal-soal, kemudian pantia assesment mengelompokan kami. Setiap kelompok diberi lembar soal, dalam menjawab kami mendiskusikan terlebih dahulu kemudian ditulis dalam lembar jawab yang telah disediakan panitia. Dalam proses diskusi panita meletakan alat perekam. Selesai kemudian kami di wawancari satu persatu oleh assessor dari BKPSDM Provinsi Jawa Tengah.

Sebelumnya para assesor telah membaca jawaban uraian dan CV (Riwayat karir selama menjadi PNS)  yang saya upload.

Dalam interview / wawancara, assesor menyuruh saya untuk menceritakan rutinitas pekerjaan di kantor, keberhasilan, kegagalan, paling yang menyenangkan dan menjengkelkan.

Saya mengikuti assesment dari pukul 08:00 WIB sda. 14:00 WIB.

Sebelum assesment saya sudah selalu diomongi oleh atasan langsung, bahwa saya akan menggantikan posisi beliau sebagai Kasubbag Umum dan Kepegawaian dan sesudah assesment kata-kata tersebut semakin sering diucapkan ke saya. Tujuannya agar saya nantinya menjadi Kasubbag Umum dan Kepegawaian yang kompeten dan profesional.

Pada hari Kamis malam, 21 April 2022, ternyata atasan langsung saya promosi naik eselon, jabatan yang ditinggalkan di isi dari PNS Dinas Kesehatan Kota Pekalongan.

Untuk diketahui teman PNS satu angkatan tahun 1997 yang lulusan S-1 bahkan D-3 sudah mendapat promosi semuanya dan ada 2 orang yang menjadi sekretaris dinas, terkecuali saya sendiri.

Saya selalu tetap positive thinking, mungkin orang-orang dilingkaran ring 1 dan ring 2 tidak mengenal dan mengetahui keahlian dan bakat saya. Atau mungkin Tuhan mempunyai rencana lain dihidup saya ini.

Selain sebagai PNS, saya sebagai pengusaha di bidang rental mobil, biro wisata dan komputer. Bakat (talenta), minat (passionate) dan keahlian (competence) saya ada sebagai berikut:

1.    Bahasa Inggris Aktif

2.    Aktiv melestarikan bahasa dan budaya Jawa.

3.    Aktiv mempromosikan obyek-obyek wisata dari berbagai daerah.

4.    Content Creator / Youtuber dengan 3 bahasa.

5.    Dapat menggunakan software Video-Editing.

6.    Menguasai Troubleshooting computer & networking.

7.    Mengusai Teori Ilmu Komunikasi (S-1 Ilmu Komunikasi)

8.    Menguasi Teori Sumber Daya Manusia (S-2 Magister Sains SDM)

P  PNS Part 1 PNS Part 2 PNS PART 3 PNS PART 4 PNS PART 5                                            PNS PART 6 PNS PART7 PNS PART 8